16 Tips Paid Promote di Instagram (2024)

Follow IDN Times untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bisnis online semakin berkembang dengan pesatnya kemajuan teknologi. Strategi pemasaran bisnis pun terus mengalami perkembangan. Salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan adalah melalui paid promote.

Paid promote adalah strategi pemasaran pemilik brand yang akan mempromosikan produknya melalui media sosial media melalui influencer, selebritas, tokoh-tokoh terkenal, dan lain sebagainya. Paid promote sering dikaitkan dengan jenis strategi pemasaran lain yang serupa, yaitu endorsem*nt.

Namun bedanya, dalam endorsem*nt, pemilik akun harus memperagakan penggunaan produk atau jasa dan memberikan testimoni. sem*ntara itu, pada sistem paid promote, content sudah dirancang oleh pemilik brand dan diberikan kepada influencer yang dibayar untuk melakukan promosi. Akun influencer hanya mengunggah konten marketing tersebut untuk dilihat oleh pengikutnya.

Meski begitu, belum tentu strategi paid promote langsung berhasil mendongkrak penjualan. Ada sangat banyak hal yang perlu diperhatikan dalam dalam menggunakan strategi ini. Berikut adalah cara dan tips paid promote di Instagram agar bisa sukses mendongkrak penjualan.

Baca Juga: 3 Perbedaan Paid Promote dan Endorse, Mana Lebih Oke buat Produk Laku?

1.Perbaiki tampilan akun Instagram

16 Tips Paid Promote di Instagram (1)ilustrasi instagram (unsplash.com/Maddi Bazzocco)

Sebelum memutuskan untuk melakukan promosi produkmu, ada baiknya kamu melakukan persiapan akun Instagram sebelum ramai dikunjungi calon customer. Yang harus diperhatikan adalah tampilan akun Instagram kamu mulai dari bio, konten, profil, kemudahan dalam menghubungi dan sebagainya.

Sebab dalam paid promote, akun influencer akan menampilkan akun bisnismu dan calon pembeli akan mencari info dari dirinya.

Baca Juga: 4 Cara Promosi Bisnis Kamu di Instagram Biar Makin Cuan

2.Ketahui target market

16 Tips Paid Promote di Instagram (2)ilustrasi bisnis (Unsplash.com/kobuagency)

Memahami target market adalah kunci untuk menentukan strategi dan promosi yang tepat. Begitu juga dalam strategi paid promote. Kamu harus tahu terlebih dahulu karakter dari target market-mu agar bisa disesuaikan dengan akun influencer yang tepat.

Selain itu, target market akan menentukan pula berbagai detail terkait konten yang akan kamu promosikan, baik dari bahasa, ide kreatif, waktu tayang, dan sebagainya.

3.Memilih akun paid promote yang tepat

16 Tips Paid Promote di Instagram (3)orang berdiskusi (Freepik.com/pressmaster)

Setelah mengetahui target market, selanjutnya adalah memilih akun paid promote yang tepat. Tidak semua akun ber-followers banyak, tepat bagi produkmu. Bisa saja akun dengan banyak followers tidak memberikan hasil maksimal karena tidak sesuai dengan produkmu.

Kembali ke poin sebelumnya, kamu harus mengenali produk dan target market kamu untuk menentukan akun paid promote yang akan bekerja sama denganmu. Lakukan berbagai riset terkait langkah ini. Jangan sampai biaya yang sudah kamu keluarkan akan terbuang percuma karena kesalahan dalam menentukan akun paid promote.

Baca Juga: 6 Tips Membuat Video Marketing, Berguna Banget untuk Bisnis Kamu!

4. Memilih waktu yang tepat

16 Tips Paid Promote di Instagram (4)Ilustrasi seseorang yang sedang mengecek waktu (Pexels/energepic.com)

Tidak hanya akun yang tepat, waktu atau momen kamu menayangkan produk juga harus tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ada produk tertentu yang memiliki waktu tertentu untuk mendapatkan penjualan yang maksimal.

Misalnya, selama bulan Ramadan, permintaan pakaian Islami dan masakan Timur Tengah akan meningkat. sem*ntara pada bulan Desember, aksesori berwarna merah dan atribut bertema Natal akan menjadi populer. Kamu harus kreatif, memanfaatkan momen yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan.

5.Gunakan foto dan video menarik

16 Tips Paid Promote di Instagram (5)unsplash.com/Aaron Weiss

Mekanisme iklan berbayar adalah mengunggah konten yang disediakan oleh pengiklan, yakni kamu sebagai pemilik bisnis. Kamu perlu mempersiapkan konten itu sebaik mungkin. Jangan membuat video ala kadarnya.

Buat konten promosi berupa gambar dan video yang menarik. Selain gambar, kualitas gambar yang diunggah bagus dan Kamu perlu menyediakan file resolusi tinggi agar tidak rusak. Untuk itu, sebaiknya kamu menyewa jasa pembuat konten yang berpengalaman di bidang tersebut.

6. Menyediakan copywriting/caption yang menarik dan berkualitas tinggi

16 Tips Paid Promote di Instagram (6)pexels.com/@cottonbro

Selain konten visual yang menarik, menulis teks juga tak penting. Dengan teks iklan yang kuat dan menarik, efeknya akan mendorong calon pelanggan untuk mempelajari lebih lanjut tentang produkmu. Minimal, ada kalimat atau tagline yang diingat oleh calon pelanggan.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga kamu dapat menyampaikan pesan dengan baik. Kreatif penting, tapi jangan sampai kreasimu terlalu membuat konten terlalu kompleks dan sulit dimengerti audiens Instagram.

7. Gunakan hastag yang sesuai

16 Tips Paid Promote di Instagram (7)ilustrasi orang berpikir (pexels.com/vanessagarcia)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Jadwal dan Daftar Rute Bus JA Connexion dari Bandara Soetta
  • Pasang Iklan Sekarang Bisa Langsung di WhatsApp, Makin Gampang Jualan!
  • 10 Bank Terbaik di Indonesia versi Forbes, Mana Pilihanmu?

Jika kamu memiliki hashtag khusus, buatlah sem*narik dan seunik mungkin. Namun, jika ingin menggunakan tagar umum, carilah tagar yang relevan dengan produkmu. Pertimbangkan juga jumlah pengguna untuk tagar tersebut.

8. Giveaway X Paid Promote

16 Tips Paid Promote di Instagram (8)freepik.com/DCStudio

Selain konten promosi biasa, kamu juga bisa membuat acara giveaway dengan berkolaborasi dengan influencer yang kamu kontrak. Dengan bekerja sama, informasi tentang giveaway produk akan tersebar luas.

9. Kemitraan

16 Tips Paid Promote di Instagram (9)Unsplash.com/Georgia de Lotz

Kemitraan berbayar adalah fitur yang disediakan oleh Instagram yang memungkinkan akun IG untuk berkolaborasi dengan brand alias merek. Strategi ini sangat efektif dalam meluncurkan brand kamu melalui media sosial Instagram.

Kolaborasi jenis ini ini memiliki kontrak terpisah antara pengiklan (pemilik merek) dan influencer. Dalam kemitraan berbayar, nama merek ditempatkan di akhir nama pengguna.

10. Jangan terlalu fokus pada pengikut

16 Tips Paid Promote di Instagram (10)ilustrasi orang berbicara (unsplash.com/TienDat Nguyen)

Kamu sebaiknya fokus pada jumlah keterlibatan (engagement) ketimbang jumlah pengikut (followers) pada suatu akun yang akan kamu kontrak untuk paid promote. Angka engagement tidak melulu dipengaruhi oleh jumlah follower, namun seberapa banyak interaksi yang dihasilkan oleh akun tersebut.

Engagement akan lebih menentukan seberapa kuat pengaruh akun tersebut pada audiensnya yang akan kamu sasar sebagai target market.

11. Minta insight data

16 Tips Paid Promote di Instagram (11)ilustrasi berpikir (pexels.com/Elly Fairytale)

Instagram memiliki fitur bisnis di mana pemilik akun dapat menarik data insight dengan mudah. Mintalah data insight akun influencer sebelum memutuskan kerja sama. Perhatikan detail angka yang kamu butuhkan, termasuk jumlah engagement tadi. Jika angkanya baik, kamu bisa memulai kerja sama.

12. Seleksi tarif promosi

16 Tips Paid Promote di Instagram (12)ilustrasi menghitung (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap akun influencer memasang tarif biaya yang berbeda, tergantung pada sejumlah faktor seperti jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan. Kamu perlu mencari tahu harga terbaik untuk ukuran akun influencer yang kamu pilih.

Tentukan harga yang sesuai dengan anggaran yang sudah kamu atur. Selain itu, kamu juga perlu menghitung apakah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang kamu targetkan sesuai data insight yang kamu dapatkan.

13. Manajamen konversi

16 Tips Paid Promote di Instagram (13)Ilustrasi orang sedang mengerjakan soal berhitung (pexels.com/Rf._.studio)

Jika goal dari paid promote ini adalah konversi, cobalah untuk membedakan landing page atau nomor customer service. Trik ini bisa membantu Kamu dalam membandingkan akun mana yang memberikan hasil terbaik dalam hal konversi.

14. Pastikan bukan akun bot

16 Tips Paid Promote di Instagram (14)Pixabay/YashilG

Banyak sekali akun bot yang ada di sosial media. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah dan followers yang terlihat banyak. Bisa jadi jumlah pengikut yang banyak itu ternyata dipenuhi oleh akun bot.

Akun dengan followers bot tidak akan menghasilkan konversi meskipun kamu menggunakan konten yang sangat berkualitas. Hal ini karena akun bot tidak melakukan interaksi sebagaimana akun personal.

15. Hitung profit dan biaya cost per lead

16 Tips Paid Promote di Instagram (15)ilustrasi menghitung anggaran (freepik.com/katemangostar)

Sama seperti beriklan melalui Ads, kamu juga harus menghitung pengeluaranmu dibandingkan dengan profit yang kamu peroleh. Caranya adalah dengan menghitung total omzet dikurangi modal + biaya promosi. Jangan sampai biaya promosi yang terlalu mahal bikin kamu gak cuan ya.

16. Jangan takut, langsung action!

16 Tips Paid Promote di Instagram (16)freepik.com/wayhomestudio

Nah, itu dia cara dan tips paid promote di instagram. Jika kamu telah mengikuti langkah-langkah dari point-point di atas, saatnya kamu mengambil tindakan nyata. Tunggu apa lagi? Kamu akan tahu apakah strategi ini coco*k atau tidak untuk produkmu jika kamu sudah mencoba.

Jika kamu benar-benar ingin melakukan strategi ini dan telah mengetahui apa yang harus kamu lakukan, maka saatnya kamutake action! Jangan menunda untuk sesuatu yang bergerak sangat cepat seperti teknologi.

16 Tips Paid Promote di Instagram (2024)

FAQs

Are paid promotions on Instagram worth it? ›

Promoting Instagram posts can become costly, but the ROI is worth it if you know what you're doing. While you're still getting a feel for how it works, do a test run on one of your best-performing posts: set it to be promoted for 24 hours with a budget of $10 and assess how it impacts your engagement.

How much we can earn from paid promotion on Instagram? ›

Micro influencers, who tend to have 10,000 to 50,000 followers earn about $100 - $500 per post. See the full pricing scale below, published by the Influencer Marketing Hub, showing how much money you can make on Instagram according to type of influencer.

How much does Instagram pay for 1,000 views? ›

Average Instagram Pay For 1000 Views

One can easily expect a salary of $0.01 to $0.05 at their job. However, with good engagement rates and good quality content, the payout can range from $6 to $9 per post or even more. Both the effective rate and payment can affect each other.

How do you write a paid promotion on Instagram? ›

3. Below the post's image, click Boost. 4. Fill in the details of your ad by setting the Goal (what do you want people to do when they see your ad), Audience (who you want to see your ad), Budget (how much you want to spend daily) and Duration (how long you want your ad to run).

Does paid promotion on Instagram increase followers? ›

Instagram promotion can increase engagement on your Instagram page. You can expect more followers, engagement, likes, comments and shares if you are using the Instagram promotion the right way. The more followers and engagement on your Instagram profile can give you more leads and brand visibility.

How much should I charge for paid promotion on Instagram? ›

When deciding how much to charge per Instagram sponsored post, consider factors such as your engagement rate, niche, industry, and the quality of your content. As a guideline, you can charge between ₹500 to ₹5,000 per 1,000 followers for a single post.

Can I get paid with 500 followers? ›

Yes. You don't need thousands of followers to make money from brand deals. There are many businesses that work with micro-influencers, as long as you have niche content and a good engagement rate on your posts.

How many followers do you need on Instagram to get paid? ›

Instagram Subscriptions allows you to monetize your video and audio content. You must be eligible for Instagram Subscriptions to enable Subscriptions. Remain compliant with Instagram's Community Guidelines and Content Monetization Policies. Have a professional account on Instagram with at least 10,000 followers.

Does reels pay money? ›

Short answer: Yes! Long answer: While building an audience and making an income can take some time, it is possible to earn money from Instagram Reels. It's just not quite as easy as it used to be. In the past, Instagram touted its Reels Play bonus program as a way for Instagram users to make money from their Reels.

How much do reels pay? ›

You can earn $1000, $5000, even $10,000 a month by creating Reels. It's all possible through Instagram's Reels Bonus program. In fact, they're planning to invest over $1 billion into creator-driven programs throughout 2022.

Does Instagram pay for likes? ›

Does Instagram pay you for likes? No, Instagram does not pay users for likes. Instagram is a social media platform where users can share photos and videos with their followers. Likes on Instagram are simply a way for users to show appreciation or support for a post.

Why do Instagram ads get rejected? ›

One reason could be that the ad violates Instagram's community guidelines, which include rules about nudity, hate speech, and violence. Instagram has a zero-tolerance policy for such content, as it strives to create a safe and welcoming space for its diverse user base.

How much does insta pay? ›

Average Instagram Pay For 1000 Views

One can expect a pay of $0.01 to $0.05 on their work. Although this pay may reach $5 to $6 per post with good engagement rate, good quality content, and consistency. Influencer rate can also affect the payoff.

What happens if I don't pay Instagram ads? ›

When the payment method you're using to run ads on Facebook, Messenger, Instagram or Meta Audience Network fails, your ads are paused and your ad account is disabled until you pay the amount due. Note: If your ads are paused, you won't receive any additional charges until you pay the amount due.

What happens with paid promotion on Instagram? ›

Instagram allows businesses and individuals to pay to promote their posts, stories, or account to reach a targeted audience. Paid promotion is when you pay and boost your post so it reached a wider audience. It usually helps in running campaigns and ads to bring people onto your platform.

Will my followers see my Instagram promotion? ›

When you promote through the Instagram app, you'll select an Audience for your promotion. It's recommended that you create an audience based on the types of customers you'd like to reach. Here's how people can see your promotion: People within the audience you set will be eligible to see your promotion.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arline Emard IV

Last Updated:

Views: 5829

Rating: 4.1 / 5 (72 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arline Emard IV

Birthday: 1996-07-10

Address: 8912 Hintz Shore, West Louie, AZ 69363-0747

Phone: +13454700762376

Job: Administration Technician

Hobby: Paintball, Horseback riding, Cycling, Running, Macrame, Playing musical instruments, Soapmaking

Introduction: My name is Arline Emard IV, I am a cheerful, gorgeous, colorful, joyous, excited, super, inquisitive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.