3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (2024)

Blog

Dapatkan update terbaru terkait industri fintech, produk Xendit dan dapatkan tips untuk mengembangkan produk Anda.

Kategori:

Menu

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (1)

Xendit
Last updated: Apr 6, 2021• 3 min read

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (2)

Xendit

Terakhir diperbarui: April 6, 2021

 •  3 min read

Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook mengklaim memiliki pengguna aktif sebesar 2 miliar orang setiap bulannya. Beriklan melalui media sosial terbesar di dunia maka Anda akan memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang sangat luas. Facebook ads, adalah layanan iklan yang ditawarkan oleh Facebook yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan. Jadi, tujuan iklan dari Facebook Ads membantu Anda untuk meningkatkan penjualan.

Ada banyak tahapan yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya bisa memasang iklan di Facebook. Salah satunya adalah tujuan iklan. Apa itu tujuan iklan?

Tujuan Iklan

Tujuan iklan adalah hal pertama yang akan Anda temui saat akan membuat iklan melalui Facebook ads. Maka yang dimaksud di sini adalah hal yang ingin Anda dapatkan dari penayangan iklan tersebut. Facebook membagi tujuan iklan menjadi 3 kategori yakni kesadaran (awareness), pertimbangan, dan konversi.

1. Awareness

Awareness memiliki 2 tujuan iklan yang bisa Anda pilih yakni brand awareness dan reach.

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (3)
  • Brand Awareness: fitur ini digunakan untuk meningkatkan awareness audiens terhadap merek Anda dengan cara menampilkan iklan kepada audiens yang kemungkinan besar akan tertarik pada iklan Anda.
  • Reach:memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin audiens, tentunya tanpa melebihi dari jumlah budget yang Anda sediakan. Dengan fitur ini, Anda juga dapat memilih untuk hanya menjangkau audiens yang berada di sekitar lokasi bisnis Anda.

Dari keduanya, Anda bisa saling mengombinasikan agar terjadi peningkatan penjualan pada bisnis. Baik brand awareness maupun reach adalah fitur yang telah ditentukan untuk melengkapi tujuan iklan.

2. Pertimbangan

Pada kategori pertimbangan, Anda dapat memilih salah satu dari enam tujuan iklan yang tersedia, yakni:

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (4)
  • Penginstallan Aplikasi:fitur ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan jumlah audiens yang menginstall mobile app Anda dengan memberikan direct link menuju App Store ataupun Google Play Store.
  • Traffic:meningkatkan jumlah audiens yang mengunjungi website, mobile app, ataupun percakapan Messenger Anda, serta meningkatkan kemungkinan audiens untuk melakukan tindakan tertentu saat sedang berada di sana.
  • Leads: dengan fitur ini, Anda bisa menyasar audiens yang tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang brand Anda, dan mendorong mereka untuk mendaftarkan diri di website Anda, baik menjadi member ataupun berlangganan email.
  • Pesan:melalui iklan, Anda dapat mengajak audiens untuk membuka lebih banyak interaksi Messenger. Dengan begitu, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan mereka, sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan, mendapatkan leads baru, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
  • Interaksi:fitur ini memungkinkan Anda untuk mengajak audiens mengunjungi dan mengikuti page Anda, ataupun berinteraksi dalam suatu postingan dengan memberikan komentar, share, dan like.
  • Tayangan Video: Anda bisa menayangkan video kepada audiens yang kemungkinan besar memiliki ketertarikan dengan brand Anda dan akan menontonnya sampai selesai.

Keenam fitur di atas sangat penting. Dari pesan, Anda bisa mengirimkan informasi. Sehingga, ada interaksi antara Anda dengan pelanggan. Jika saling berinteraksi, traffic pada website atau media sosial pun pasti meningkat. Maka, ini adalah bagian dari tujuan iklan.

3. Konversi

Pada kategori konversi, ada tiga tujuan iklan yang dapat Anda pilih, yakni:

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (5)
  • Konversi: fitur konversi dapat membantu Anda untuk mengajak audiens melakukan tindakan tertentu di situs ataupun mobile app Anda. Misalnya, melakukan pembelian produk, mendatangkan leads baru, berlangganan, pendaftaran, ataupun jenis konversi lainnya.
  • Kunjungan Toko: fitur ini dapat dikatakan cukup unik, karena Anda dapat mendorong audiens untuk melakukan kunjungan secara langsung, pembelian, dan tindakan menguntungkan lainnya di toko fisik yang Anda miliki
  • Penjualan Katalog:fitur ini sangat coco*k bagi Anda yang memiliki stok dan variasi produk yang beraneka macam. Penjualan katalog dapat mempromosikan produk yang paling relevan dengan audiens secara otomatis. Dengan begitu, audiens tersebut memiliki kemungkinan lebih besar untuk tertarik, dan pada akhirnya melakukan pembelian.

Untuk yang terakhir, ketika Anda telah selesai melakukan reach kemudian interaksi maka yang Anda harapkan adalah konversi. Bisakah fitur-fitur di atas dapat dikonversi menjadi transaksi penjualan? Jika Anda melakukannya sesuai pedoman, tidak ada yang tidak bisa. Maka, ini cara terakhir di dalam tujuan iklan Facebook Ads.

Demikian pembahasan mengenai tujuan iklan yang perlu Anda pahami dalam Facebook ads. Beberapa tujuan di atas dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi bisnis Anda dan strategi pemasaran apa yang digunakan.

Agar bisnis Anda dapat berkembang dengan lebih baik, Anda juga perlu memperhatikan infrastruktur website Anda, misalnya dengan mengintegrasikannya dengan layanan payment gateway dari Xendit.

Dengan adanya payment gateway, seluruh transaksi yang terjadi di website Anda dapat berlangsung dengan instan, aman, dan serba otomatis. Dengan begitu, website Anda akan memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Artikel terkait

Manajemen Cash Flow: Strategi Efektif dan Tips Menghadapi Tantangan

Pelajari bagaimana cara memanajemen cash flow dengan panduan yang telah disesuaikan untuk lanskap bisnis di Indonesia. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengatasi tantangan dan tips untuk terus berkembang mengikuti perubahan dan permintaan pasar bisnis. Ambil kendali untuk masa depan keuangan bisnis Anda sekarang juga!

Daphne Lee
Apr 26, 2024• 7 min read

Xendit Wrapped 2023: Review Kami di Tahun Ini

Tahun ini merupakan tahun luar biasa bagi Xendit dalam menghadapi rintangan dan terus berkembang untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda.
Berikut adalah rangkuman kilas balik Xendit dalam Xendit Wrapped 2023

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (8)

winnie.mina
Jan 11, 2024• 2 min read

Harbolnas 2023: Strategi Kemenangan untuk Maksimalkan Peluang Bisnis Anda

Berikut adalah strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan transaksi bisnis selama Harbolnas atau Hari Belanja Nasional 2023

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (10)

diaz
Des 1, 2023• 4 min read

3 Kategori Tujuan Iklan dalam Facebook Ads - Xendit (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rubie Ullrich

Last Updated:

Views: 5679

Rating: 4.1 / 5 (52 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rubie Ullrich

Birthday: 1998-02-02

Address: 743 Stoltenberg Center, Genovevaville, NJ 59925-3119

Phone: +2202978377583

Job: Administration Engineer

Hobby: Surfing, Sailing, Listening to music, Web surfing, Kitesurfing, Geocaching, Backpacking

Introduction: My name is Rubie Ullrich, I am a enthusiastic, perfect, tender, vivacious, talented, famous, delightful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.