Google Ads Dinilai Efektif Mendatangkan Traffic Berkualitas (2024)

Google Ads atau Google Adwords merupakan platform yang disediakan oleh Google khusus untuk beriklan

JAKARTA, investor.id - Google Ads menjadi salah satu tools yang digunakan oleh para marketer untuk memenuhi tujuan pemasaran secara digital. Cara ini disebut-sebut sangat efektif dalam mengiklankan suatu bisnis maupun jasa.

Google Ads atau Google Adwords sendiri merupakan platform yang disediakan oleh Google khusus untuk beriklan. Produk yang diiklankan nanti akan muncul di laman Google ketika seseorang mencari produk tersebut.

Saat memasang iklan di Google Ads tidak dipungut biaya alias gratis, akan dikenakan biaya ketika iklan tersebut di klik. Tak perlu pusing memikirkan bagaimana caranya memasang Google Ads ini karena jasa iklan Google sangat mudah ditemui.

Untuk lebih meyakinkan lagi mengapa Google Ads ini menjadi pilihan yang tepat dalam marketing, simak ulasan berikut:

1. Minim Budget

Seperti yang kita tahu, budget untuk proses marketing tidaklah sedikit. Apalagi jika harus memasang iklan di media, billboard maupun televisi membutuhkan dana yang sangat besar.

Namun melalui Google Adwords tidak membutuhkan biaya yang berarti. Budget yang perlu keluarkan hanya mulia dari Rp 200 ribu saja pengiklan sudah bisa menayangkan iklan dengan kata kunci terbaiknya.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika iklan muncul pada halaman paling atas, orang akan melihat produk pengiklan sebagai brand yang populer. Hal ini akan meningkatkan kesadaran merek tersebut.

Sehingga membuat orang akan memperhitungkan produk tersebut dan membelinya. Jika produk terus muncul di laman pertama, iklan akan menempel di pikiran masyarakat.

3. Menggeser Kompetitor

Strategi digital marketing tak boleh diremehkan. Sekarang bukan zamannya mengeluarkan budget dan gerak sana-sini untuk mengerjakan materi iklan yang belum tentu efektif mengalahkan kompetitor.

Dengan menggunakan Google Ads, iklan akan muncul di laman Google bagian atas. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, potensi iklan dilirik sangat besar dan semakin dikenal jika posisi bertahan di laman utama sangat kuat. Kompetitor pun tidak akan bisa menggeser posisi iklan tersebut.

4. Mendapat Kunjungan Berkualitas dan Instan

Posisi pada laman utama, otomatis akan lebih dilirik pengunjung dan menambah jumlah daftar pengunjung real dan berkualitas. Maksudnya, pengunjung ini datang ke laman pengiklan secara inisiatif sendiri, membeli dan menggunakan produk yang diiklankan.

Google Ads menampilkan iklan sesuai dengan kata kunci yang familiar digunakan orang ketika mencari produk yang diiklankan. Ketika seseorang mengetik kata kunci yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan, maka otomatis iklan tersebut akan muncul.

5. Praktis dan Mudah

Memasang iklan di Google Ads selain murah, juga praktis dan mudah. Sebab, tak perlu repot melakukannya sendiri jika tak ingin pusing karena sudah ada jasa yang profesional menangani Google Ads ini.

Salah satunya Murtafi Digital yang akan membantu pengiklan menempatkan produknya di laman utama Google. Ditangani oleh tim yang profesional, mampu mendatangkan traffic yang berkualitas.

Editor: Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Google Ads Dinilai Efektif Mendatangkan Traffic Berkualitas (1)

LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+oCMJPFzpWeg0OGZl, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

URL berhasil di salin.

Google Ads Dinilai Efektif Mendatangkan Traffic Berkualitas (2024)

FAQs

Mengapa iklan Google dapat membantu meningkatkan lalu lintas? ›

Studi kasus ini menunjukkan bagaimana Google Ads dapat digunakan untuk membantu bisnis lokal meningkatkan traffic dan konversi situs. Dengan menargetkan kata kunci dan grup iklan yang relevan, serta menggunakan teks iklan yang menarik, bisnis dapat menarik pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka .

Bagaimana Google Ads membantu bisnis? ›

Google Ads dapat membantu Anda memilih platform yang tepat untuk meningkatkan pendapatan, menjangkau pelanggan baru, dan mengarahkan lalu lintas serta prospek ke situs web Anda .

Berapa anggaran harian minimal Google Ads? ›

Berapa biaya harian minimal untuk beriklan di Google Ads? Untuk mengetahui berapa biaya minimal harian beriklan di Google Ads, sebenarnya Anda melihatnya di bagian Anggaran; saat Anda melakukan setelan kampanye. Sebenarnya, Anda bisa saja menetapkan anggaran Rp 10.000 per hari.

Berapa jumlah iklan penelusuran responsif yang diizinkan oleh Google Ads? ›

Sebaiknya miliki satu iklan penelusuran responsif per grup iklan dengan Daya Iklan minimal 'Baik' atau 'Sangat Baik'. Ada batas 3 iklan penelusuran responsif yang diaktifkan per grup iklan.

Apakah Google Ads meningkatkan lalu lintas? ›

Google Ads memberi Anda banyak cara untuk dilihat

Bantu dorong penjualan, prospek, atau lalu lintas situs dengan menampilkan bisnis Anda kepada orang-orang yang secara aktif menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan di Google.

Mengapa iklan Google merupakan saluran efektif di mana perusahaan harus menjalankan iklan? ›

Google Ads adalah platform periklanan bayar per klik (PPC) di mana pengiklan membayar per klik (atau tayangan) pada sebuah iklan. Google Ads adalah cara efektif untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas, atau pelanggan yang coco*k, ke bisnis Anda karena mereka menelusuri produk dan layanan seperti milik Anda .

Apa keuntungan menggunakan iklan Google? ›

1) Meningkatkan Kesadaran Merek

Google Ads adalah salah satu cara terbaik bagi bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong lebih banyak penjualan. Ini dapat meningkatkan visibilitas karena berbagai alasan, salah satunya karena digunakan di seluruh dunia. Faktanya, Google memiliki 4,3 miliar pengguna global!

Seberapa baik iklan Google bekerja? ›

Hasil Google Ads menerima 65% klik untuk membeli kata kunci, vs 35% untuk hasil organik . Hemat biaya: Iklan Anda hanya tampil jika relevan, Anda dapat menetapkan batas pembelanjaan, dan Anda dapat menjadwalkan iklan Anda untuk tampil pada waktu yang optimal. Google Ads dapat menghasilkan ROI 800%—yaitu $8 untuk setiap $1 yang dibelanjakan.

Seberapa sukseskah iklan Google? ›

Menurut Google, diperkirakan bahwa untuk setiap $1 yang dibelanjakan bisnis pada sebuah iklan, bisnis tersebut menghasilkan keuntungan sebesar $8 . Artinya, mereka yakin platform periklanan mereka memberikan laba atas investasi 8:1, yang menurut mereka merupakan perkiraan konservatif.

Bagaimana cara menghitung pembelanjaan iklan Google? ›

Catatan: Google Ads menghitung anggaran setiap hari. Jika Anda perlu menentukan anggaran bulanan, kalikan anggaran harian dengan 30,4, yaitu jumlah hari rata-rata dalam sebulan . Untuk informasi lebih lanjut, baca Ikhtisar Anggaran. Manfaatkan Laporan Anggaran Anda untuk melihat batas pembelanjaan bulanan dan perkiraan bulanan Anda.

Berapa lama Banding Google Ads? ›

Setelah mengirimkan permohonan banding, tunggu tiga hari untuk peninjauan. Tidak ada cara untuk mempercepat proses ini. Menghubungi pakar dukungan kami secara terpisah untuk memeriksa status pengajuan banding Anda dapat memperlambat proses pengajuan banding.

Apakah iklan Google mengenakan biaya harian atau bulanan? ›

Tagihan biasanya tidak terjadi sebulan sekali atau di akhir bulan . Hal ini dapat terjadi beberapa kali sepanjang bulan, dan terutama didasarkan pada ambang batas—atau jumlah biaya yang ditetapkan yang ditanggung akun Anda. Jumlah ini memicu tagihan, sehingga berarti Anda mungkin akan ditagih lebih dari sekali dalam sebulan.

Berapa jenis kampanye iklan Google Ads? ›

Jenis kampanye Google Ads mencakup: Kampanye Jaringan Penelusuran. Kampanye Shopping. Kampanye Aplikasi.

Apa itu RSA di Google Ads? ›

Iklan penelusuran responsif (RSA) mengadaptasi teks iklan untuk menampilkan pesan yang lebih relevan kepada calon pelanggan.

Bagaimana cara iklan Google menghasilkan iklan responsif? ›

Google Ads membuat Iklan Penelusuran Responsif berdasarkan teks iklan berperforma tinggi yang ada dengan memadukan dan mencoco*kkan judul dan deskripsi yang telah disediakan . Google Ads menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk membuat RSA (Iklan Penelusuran Responsif).

Apa manfaat iklan Google? ›

Kendalikan biaya Anda

Google Ads memberi Anda kendali atas cara Anda membelanjakan uang Anda. Tidak ada batas minimum. Dan Anda dapat memilih berapa banyak yang Anda belanjakan per bulan, per hari, dan per iklan. Anda hanya akan membayar bila seseorang mengklik iklan Anda.

Apa yang dimaksud dengan lalu lintas di iklan Google? ›

Di Google Ads, Anda juga dapat membuat kampanye menggunakan sasaran Lalu lintas situs web, yang merekomendasikan setelan dan fitur untuk membantu Anda mengarahkan pelanggan yang berminat ke situs web Anda . Dengan menggunakan sasaran kampanye ini, Anda dapat membuat daftar pengunjung situs yang dapat Anda hubungi kembali nanti.

Untuk apa iklan Google digunakan? ›

Google Ads adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda . Akun Google Ads dikelola secara online, sehingga Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, setelan, dan anggaran.

Apa keuntungan beriklan di Google Ads? ›

Google Ads memberikan kendali terhadap cara Anda membelanjakan uang. Tidak ada batas minimum. Dan Anda dapat memilih seberapa besar yang ingin Anda belanjakan per bulan, per hari, dan per iklan. Anda hanya akan membayar bila ada yang mengeklik iklan Anda.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Velia Krajcik

Last Updated:

Views: 5290

Rating: 4.3 / 5 (74 voted)

Reviews: 81% of readers found this page helpful

Author information

Name: Velia Krajcik

Birthday: 1996-07-27

Address: 520 Balistreri Mount, South Armand, OR 60528

Phone: +466880739437

Job: Future Retail Associate

Hobby: Polo, Scouting, Worldbuilding, Cosplaying, Photography, Rowing, Nordic skating

Introduction: My name is Velia Krajcik, I am a handsome, clean, lucky, gleaming, magnificent, proud, glorious person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.