Kenapa Iklan Instagram Ditolak, Bagaimana Mengatasinya? (2024)

Menggunakan iklan adalah salah satu cara untuk memperluas jangkauan produk. Salah satu iklan media sosial yang bisa Anda coba adalah iklan Instagram. Iklan Instagram sendiri bisa dikatakan sangat terjangkau dengan tujuan yang bisa diarahkan.Namun Instagram punya aturan yang ketat terkait konten yang bisa di iklannya, tidak jarang mereka menolak iklan. Kenapa iklan Instagram ditolak?

Tenang, kasus iklan ditolak ini bukan hanya Anda yang pernah mengalaminya, banyak akun yang juga pernah mengalami kejadian iklan ditolak dan berakhir kebingungan. Agar Anda tidak mengalami kebingungan mari ketahui sebenarnya kenapa iklan ditolak Instagram.

Bagaimana Proses Peninjauan Iklan di Instagram

Sebelum masuk pada pokok pembahasan inti, mari kita bahas dahulu sebenarnya bagaimana sih Instagram meninjau iklan.

Instagram sebagai bagian dari Facebook mempunyai regulasi yang cukup ketat dan jelas tentang aturan ini. Aturan iklan Instagram sama dengan Facebook. Dalam proses pemasangan, sebelum tayang iklan akan melewati proses peninjauan terlebih dahulu, program ini dijalankan dengan program AI dan algoritma Facebook.

Kemudia akan dilanjutkan dengan proses penijauan secara manual oleh tim Facebook. Tidak jarang Facebook Advertising Support Team juga perlu melakukan peninjauan secara manual untuk iklan-iklan yang ditandai khusus.

Proses peninjauan iklan sendiri biasanya akan memakan waktu kurang dari 10 menit hingga paling lama adalah 1 hari kerja. Namun untuk beberapa kasus, peninjauan juga bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 hari. Bahkan, ada juga kasus di mana materi iklan ditinjau ulang oleh tim Facebook sekalipun iklan tersebut sudah mendapatkan impresi dan klik.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peninjauan Iklan Instagram

Sebenarnya, ada beberapa hal yang menjadi pengaruh peninjauan iklan Instagram. Faktornya sebagai berikut ini:

1. Riwayat Akun

Riwayat akun disini adalah tentang usia akun, berapa banyak budget iklan yang telah dikeluarkan dan seberapa sering iklan ditolak atau disetujui tim Facebook. Jika dalam riwayatnya akun dikategorikan baik, maka besar kemungkinan proses peninjauan iklan dapat berjalan cepat.

2. Kata Kunci Konten

Algoritma Instagram tidak hanya memproses konten apa saja yang ditayangkan di lini masa akun Instagram, tetapi juga menganalisis konten yang ada di dalam iklan.

3. Domain

Jika domain tujuan iklan merupakan domain yang terbilang baru dan belum pernah dipakai sebelumnya untuk beriklan, biasanya Facebook terlebih dahulu akan meninjaunya, dan waktu bisa menjadi agak lama.

4. Gambar pada Banner Iklan

Algoritma Instagram juga akan menganalisi konten gambar yang dipakai pada iklan. Bahkan algoritma Facebook bisa mengenali jenis gambar tersebut, apakah mengandung hak cipta, p*rnografi, dan sebagainya.

Kenapa Iklan Instagram Ditolak

Facebook sebagai induk dari Instagram ingin membuat semua penggunanya merasa nyaman, termasuk ketika mereka melihat iklan, oleh sebab itu, mereka tidak sembarangan penayangan iklan. Mereka menerapkan berbagai kebijakan yang berfungsi sebagai rambu-rambu kita sebagai pengiklan.

Jika ada salah satu kebijakan yang dilanggar, maka iklan bisa tidak disetujui dan tidak bisa dijalankan, bahkan yang terburuk akun Anda bisa dibekukan dan tidak bisa menjalankan iklan Instagram selama-lamanya. Jika Anda mungkin masih belum tahu, ada 3 kategori yang masuk dalam kebijakan platform Facebook dan Instagram Ads, antara lain sebagai berikut:

1. Konten yang Dilarangan untuk Diiklankan

Kenapa iklan Instagram tidak jalan bisa jadi karena konten yang diiklankan masuk dalam konten terlarang dari kebijakan iklan. Maka otomatis iklan akan ditolak dan tidak bisa berjalan. Sebenarnya untuk ketentuan konten apa saja yang dilarang sudah diinformasikan dengan jelas oleh Facebook, berikut ini beberapa konten yang dilarang oleh Komunitas Facebook:

  • Produk / service yang illegal
  • Diskriminasi
  • Produk Tembakau
  • Narkoba & Produk yang terkait dengan Narkoba
  • Suplemen yang tidak aman
  • Senjata, amunisi atau bahan peledak
  • Produk / service dewasa
  • Content dewasa
  • Pelanggaran pihak ketiga
  • Content sensasional
  • Atribut pribadi
  • Content palsu
  • Content yang kontroversial
  • Landing page yang tidak aktif / tidak berfungsi
  • Peralatan untuk mengawasi
  • Tata bahasa dan kata-kata yang tidak senonoh
  • Tidak ada fungsi
  • Kesehatan pribadi
  • Payday atau pinjaman uang\
  • MLM
  • Pelelangan uang
  • Dokumen palsu
  • Content berkualitas rendah atau mengganggu
  • Spyware atau malware
  • Animasi otomatis

2. Konten yang Dibatasi

Kebijakan ini bersifat tegas namun dengan beberapa pengecualian. Pengecualian di sini sendiri mengacu pada hukum dan undang-undang yang berlaku di wilayah target audience atau target iklan. Jadi iklan tetap akan jalan namun masuk dalam kategori dibatasi.

Berikut adalah konten-konten yang masuk dalam kategori konten terbatas.

Kenapa Iklan Instagram Ditolak, Bagaimana Mengatasinya? (1)

3. Kebijakan Teknis Konten

Selain itu, kenapa iklan Instagram ditolak bisa juga karena komposisi gambarnya melebihi 20% sesuai dari ketentuan Facebook agar iklan dapat maksimal. Maksudnya 20% adalh komposisi teks dalam konten setidaknya tidak boleh melebihi 20% memenuhi konten.

Bagaimana Cara Iklan Tidak Ditolak

Ketika iklan Anda ditolak, tenang ada beberapa cara untuk mengatasinya agar hal yang membuat kenapa iklan Instagram ditolak tidak lagi terjadi.

1. Perhatikan Targeting

Target iklan juga bisa menjadi alasan kenapa iklan Instagram ditolak, cobalah perhatikan beberapa poin ini dalam penargetan.

  • Sebaiknya tidak menggunakan opsi penargetan untuk mendiskriminasi, melecehkan, memprovokasi, merendahkan pengguna lain.
  • Kalau Anda menargetkan iklan Anda ke audiens tertentu, maka Anda harus mematuhi ketentuan yang berlaku ketika membuat audiens.

2. Transparan dan Tidak Berlebihan

Dalam konten iklan, cobalah untuk secara transparan memaparkan produk secara apa adanya. Jangan mengumbar janji kepada pengguna seperti menjanjikan kekayaan, atau efek positif dari penggunaan produk.

3. Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

Salah satu kebijakan Facebook adalah untuk menggunakan tatabahasa yang benar, sebaiknya materi iklan sesuai dan tidak menimbulkan kerancuan di antara pengguna. Hindari juga penggunaan kombinasi simbol, huruf, dan angka pada suatu kata.

Agar Anda tidak lagi mengalami masalah iklan ditolak, Anda bisa menggunakan jasa iklan digital. Anda hanya butuh menyiapkan akun dan konten saja, optimasi iklan dan lainnya bisa diserahkan kepada mereka. Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Kenapa Iklan Instagram Ditolak, Bagaimana Mengatasinya? (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Stevie Stamm

Last Updated:

Views: 6394

Rating: 5 / 5 (80 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Stevie Stamm

Birthday: 1996-06-22

Address: Apt. 419 4200 Sipes Estate, East Delmerview, WY 05617

Phone: +342332224300

Job: Future Advertising Analyst

Hobby: Leather crafting, Puzzles, Leather crafting, scrapbook, Urban exploration, Cabaret, Skateboarding

Introduction: My name is Stevie Stamm, I am a colorful, sparkling, splendid, vast, open, hilarious, tender person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.