Tentang Skor Kualitas - Bantuan Google Ads (2024)

Skor Kualitas adalah alat diagnostik untuk memberikan gambaran tentang kualitas iklan Anda dibandingkan dengan pengiklan lainnya.

Skor ini diukur pada skala dari 1-10 dan tersedia di tingkat kata kunci. Skor Kualitas yang lebih tinggi berarti iklan dan halaman landing Anda lebih relevan dan berguna bagi seseorang yang menelusuri kata kunci Anda, dibandingkan dengan pengiklan lain.

Anda dapat menggunakan alat diagnostik Skor Kualitas untuk mengidentifikasi area yang menguntungkan untuk meningkatkan iklan, halaman landing, atau pemilihan kata kunci.

Hal yang perlu diketahui tentang Skor Kualitas

  • Skor Kualitas bukanlah indikator performa utama dan tidak boleh dioptimalkan atau digabungkan dengan data lainnya.
  • Skor Kualitas bukan masukan untuk lelang iklan. Skor ini adalah alat diagnostik untuk mengidentifikasi cara iklan yang ditampilkan untuk kata kunci tertentu memengaruhi pengalaman pengguna.

Cara menghitungnya

Skor Kualitas dihitung berdasarkan performa gabungan 3 komponen:

  • Rasio klik-tayang (CTR) yang diharapkan: Kemungkinan iklan Anda akan diklik ketika ditampilkan.
  • Relevansi iklan: Seberapa coco*k iklan Anda dengan niat di balik penelusuran pengguna.
  • Kualitas halaman landing: Seberapa relevan dan berguna halaman landing Anda bagi orang yang mengklik iklan.

Setiap komponen dievaluasi dan diberi status "Di atas rata-rata", "Rata-rata", atau "Di bawah rata-rata". Evaluasi ini didasarkan pada perbandingan dengan pengiklan lain yang iklannya ditampilkan untuk kata kunci yang sama persis, selama 90 hari terakhir.

Kata kunci pencoco*kan luas dapat memiliki Skor Kualitas meskipun tidak memiliki tayangan iklan, asalkan ada kata kunci pencoco*kan persis terkait yang mendapatkan tayangan iklan dalam 90 hari terakhir. Jika ada tayangan iklan untuk penelusuran yang sama persis dengan kata kunci pencoco*kan luas melalui kata kunci pencoco*kan persis dalam grup iklan yang sama, tayangan iklan ini akan melaporkan Skor Kualitas yang sama untuk kedua kata kunci tersebut.

Jika salah satu komponen ini memiliki status “Rata-rata” atau “Di bawah rata-rata”, status ini dapat menunjukkan peluang untuk melakukan peningkatan. Pelajari lebih lanjut 5 cara menggunakan Skor Kualitas untuk meningkatkan performa.

Perhatikan

  • Skor Kualitas didasarkan pada tayangan historis untuk penelusuran persis kata kunci, sehingga mengubah jenis pencoco*kan kata kunci tidak akan memengaruhi Skor Kualitas.
  • Jika Anda menemukan tanda “—” pada kolom Skor Kualitas, ini berarti penelusuran yang sama persis dengan kata kunci untuk menentukan Skor Kualitas kata kunci tidak memadai.
  • Ada faktor yang terkait dengan kualitas iklan Anda yang mungkin tidak diperhitungkan oleh Skor Kualitas. Faktor ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada:
    • Perangkat yang digunakan dalam penelusuran
    • Lokasi pengguna
    • Waktu
    • Aset
  • Informasi yang diperoleh dari berbagai crawler Google dapat digunakan untuk menilai kualitas iklan, yang dapat tercermin di Skor Kualitas.

Cara memeriksa Skor Kualitas

Catatan: Petunjuk di bawah merupakan bagian dari desain baru untuk pengalaman pengguna Google Ads. Untuk menggunakan desain sebelumnya, klik ikon "Tampilan", lalu pilih Gunakan desain sebelumnya. Jika Anda menggunakan Google Ads versi sebelumnya, tinjau Peta referensi cepat atau gunakan Kotak penelusuran di panel navigasi atas Google Ads untuk menemukan halaman yang Anda cari.

  1. Di akun Google Ads Anda, klik ikon Kampanye Tentang Skor Kualitas - Bantuan Google Ads (1).
  2. Klik drop-down Audiens, kata kunci, dan konten di menu bagian.
  3. Klik Kata kunci penelusuran.
  4. Di sudut kanan atas tabel, klik ikon kolom Tentang Skor Kualitas - Bantuan Google Ads (2).
  5. Di bagian “Ubah kolom untuk kata kunci”, buka bagian Skor Kualitas. Untuk melihat Skor Kualitas terbaru dan status komponennya, pilih salah satu dari pilihan berikut untuk ditambahkan ke tabel statistik:
    • Skor Kualitas
    • Kual. Halaman Landing
    • CTR yang diharapkan
    • Relevansi Iklan
  6. Untuk melihat statistik Skor Kualitas sebelumnya selama periode pelaporan yang Anda amati, pilih salah satu metrik berikut:
    • Skor Kualitas (hist.)
    • Kual. Halaman Landing (hist.)
    • Relevansi Iklan (hist.)
    • CTR yang diharapkan (hist.)

      Anda dapat melihat perubahan pada skor harian dengan menyegmentasikan tabel berdasarkan hari.

  1. Klik Terapkan.

Link terkait

Apakah ini membantu?

Bagaimana cara meningkatkannya?

Tentang Skor Kualitas - Bantuan Google Ads (3)

Achieve your advertising goals today!

Attend our Performance Max Masterclass, a livestream workshop session bringing together industry and Google ads PMax experts.

Register now

Tentang Skor Kualitas - Bantuan Google Ads (2024)

FAQs

Apa yang dimaksud dengan quality score dalam Google Ads? ›

Skor Kualitas adalah alat diagnostik untuk memberikan gambaran tentang kualitas iklan Anda dibandingkan dengan pengiklan lainnya. Skor ini diukur pada skala dari 1-10 dan tersedia di tingkat kata kunci.

Apa yang menentukan kualitas suatu iklan? ›

Kualitas iklan ditentukan dari banyak sumber, termasuk masukan dari orang yang melihat atau menyembunyikan iklan itu dan penilaian atribut berkualitas rendah dan praktik.

Berapa lama iklan Google Ads di tinjau? ›

Jangka waktu peninjauan iklan

Sebagian besar iklan ditinjau dalam waktu 1 hari kerja. Namun, beberapa peninjauan memerlukan waktu lebih lama jika iklan memerlukan peninjauan yang lebih rumit. Jika iklan Anda dalam peninjauan selama lebih dari 2 hari kerja penuh, hubungi kami untuk mendapatkan informasi.

Berapa jenis kampanye iklan Google Ads? ›

Jenis kampanye Google Ads mencakup: Kampanye Jaringan Penelusuran. Kampanye Shopping. Kampanye Aplikasi.

Apa itu quality score dalam konteks Google Ads dan bagaimana pengaruhnya terhadap kampanye SEM? ›

Quality Score Google Ads adalah metrik yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat dan relevansi iklan Anda dalam lelang penayangan iklan. Skor kualitas ini diberikan berdasarkan beberapa faktor, termasuk relevansi iklan, pengalaman halaman arahan (landing page), dan tingkat klik (CTR) yang diharapkan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan quality? ›

Secara konvensional, kualitas merupakan karakteristik barang atau layanan berupa kehandalan, kemudahan dalam penggunaan, kemudahan dalam perawatan, keindahan, dan sebagainya. Dari sisi produsen kualitas berupa kesesuaian produk dari standar yang ditetapkan.

Apa yang dimaksud dengan Quality Score? ›

Pengertian Quality Score

Quality Score atau skor kualitas adalah keyword yang digunakan untuk iklan Google Ads yang bisa memberi tahu seberapa baik kualitas keyword yang digunakan dan seberapa relevan dengan apa yang dicari.

Apa itu kualitas iklan? ›

Kualitas iklan adalah estimasi pengalaman yang diperoleh pengguna saat melihat iklan penelusuran Anda dan kualitas pengalaman mereka setelah melihat halaman landing Anda.

Bagaimana cara mengukur efektivitas dari sebuah iklan? ›

Efektivitas iklan dapat diukur dengan menggunakan model EPIC Model yang dikembangkan oleh The Nielsen Company. Model ini mengukur efektivitas iklan terhadap dampak komunikasi, mencakup empat dimensikritis, yaitu: empati, persuasi, dampak dan komunikasi.

Google Ads coco*k untuk apa? ›

Google Ads menyediakan solusi iklan yang efektif untuk bisnis di setiap industri, dan ada berbagai jenis kampanye yang memungkinkan penayangan iklan yang coco*k dengan cara orang menggunakan konten di pasar Anda.

Iklan Google Ads muncul dimana saja? ›

Iklan teks, gambar, dan video dapat muncul di situs Jaringan Display Google saat orang-orang mengunjungi situs tersebut dari perangkat seluler kelas atas, seperti iPhone, perangkat Android, atau tablet. Iklan juga dapat muncul di aplikasi seluler, yang dianggap sebagai bagian dari Jaringan Display kami.

Apa langkah awal yang harus dilakukan untuk menggunakan Google Ads? ›

Cara Menggunakan Google Adwords
  1. Buat akun Google. Kamu sebenarnya dapat menggunakan akun pribadi untuk dapat menggunakan Google Ads. ...
  2. Pilih goal. ...
  3. Pilih target lokasi. ...
  4. Pilih kategori bisnis. ...
  5. Membuat copy iklan. ...
  6. 6. Memasukkan foto. ...
  7. 7. Menentukan biaya. ...
  8. Memilih metode pembayaran.
Feb 16, 2023

Apa yang dimaksud dengan CPC cost per click Dalam Google Ads? ›

Biaya per klik aktual (CPC aktual) adalah jumlah akhir yang ditagihkan kepada Anda untuk satu klik. Anda akan sering dikenakan biaya lebih sedikit, dan terkadang jauh lebih sedikit, daripada bid biaya per klik maksimum (CPC maks), yang biasanya merupakan jumlah terbesar yang akan dikenakan kepada Anda untuk satu klik.

Berapa jumlah iklan penelusuran responsif yang diizinkan oleh Google Ads? ›

Sebaiknya miliki satu iklan penelusuran responsif per grup iklan dengan Daya Iklan minimal 'Baik' atau 'Sangat Baik'. Ada batas 3 iklan penelusuran responsif yang diaktifkan per grup iklan.

Apa yang dimaksud dengan CTR click through rate dalam Google Adwords? ›

CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditampilkan: klik ÷ tayangan = CTR. Misalnya, jika Anda memiliki 5 klik dan 100 tayangan, CTR Anda adalah 5%.

Apa itu Responsive Ads? ›

Iklan responsif secara otomatis menyesuaikan ukuran, tampilan, dan formatnya agar sesuai dengan ruang iklan yang tersedia.

Apa yang dimaksud dengan Google keyword Planner? ›

Keyword Planner membantu Anda melakukan riset kata kunci untuk kampanye Penelusuran. Anda dapat menggunakan alat gratis ini untuk menemukan kata kunci baru yang terkait dengan bisnis Anda dan melihat estimasi penelusuran yang diterima serta biaya untuk menargetkannya.

Apa langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat kampanye iklan Google Search? ›

Memilih tujuan iklan dan menentukan sasaran
  1. Di akun Google Ads Anda, klik ikon Kampanye .
  2. Klik drop-down Kampanye di menu bagian.
  3. Klik Kampanye.
  4. Klik tombol plus , lalu pilih Kampanye baru.
  5. Pilih tujuan kampanye Anda, lalu ikuti prompt di Google Ads. ...
  6. Klik Lanjutkan.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Dong Thiel

Last Updated:

Views: 6472

Rating: 4.9 / 5 (79 voted)

Reviews: 94% of readers found this page helpful

Author information

Name: Dong Thiel

Birthday: 2001-07-14

Address: 2865 Kasha Unions, West Corrinne, AK 05708-1071

Phone: +3512198379449

Job: Design Planner

Hobby: Graffiti, Foreign language learning, Gambling, Metalworking, Rowing, Sculling, Sewing

Introduction: My name is Dong Thiel, I am a brainy, happy, tasty, lively, splendid, talented, cooperative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.